Sabtu, 13 Desember 2014

Belajar 9 Blok Bangunan Dasar Dalam Bisnis

Hai guys,hari ini gue mau share tentang 9 block dalam bisnis ne sama kalian semua,semoga bermanfaat ya...tanpa basa-basi lagi yook cekidott...!!!



9 blok bangunan dasar yang diaplikasikan oleh perusahaan "POCARI SWEAT" antara lain :



  • .    “Customer segments”: Sekelompok orang / organisasi yang menjadi target pemasaran perusahaan .


Pocari Sweat diproduksi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang padat.Dengan adanya produk ini orang perlu khawatir lagi dengan kekurangan cairan dan  dehidrasi
.
  • “Value propositions”: Nilai yan g ditawarkan kepada pelanggan oleh perusahaan.


Perusahaan ini menawarkan rasa  yang unnik dan kadungan nutrisi yang amat penting bagi tubuh,tidak hanya itu dalam kemasannya pocari sweat juga beraneka ragam mulai dari saset,kaleng,botol kecil,botol sedang,botol besar ini tergantung dari keperluan
Konsumen.


  • .  “Channels”: Saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelangannya serta memberikan proposisi nilai.


Channels yang digunakan adalah Otsuka Pharmaceutical.Dalam memasarkan produknyadimulai dari turun langsung atau langsung menjual produk POCARI SWEAT ke konsumen, dengan cara menemui setiap konsumen yang ditemui di jalan. Kemudian melakukan evaluasi dan merubah cara pemasaran dengan mendistribusikan melalui pedagang-pedagang yang memiliki toko.Cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan ini merupakan cara yang paling bagus dalampemasaran produk baru. Dengan begitu, tenaga dapat dihemat dan tempat-tempatpendistribusian lebih luas daripada harus turun langsung

  • . “ Customer relationship”: Menggambarkan cara perusahaan dalam membangun serta menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.



Dalam membangun hubungan dengan pelanggan,perusahaan Otsuka Pharmaceutical membagikan minuman pocari sweat secara gratis dalam berbagai event,dan melakukan kegiatan CSR seperti pelatihan menjahit, membangun perpustakaan,dll.Hal ini tentu membangun rasa hubungan yang erat antara konsumen dan perusahaan yang ditandai dengan meningkatan penjualan produk POCARI SWEAT di pasar.


  • .      “Revenue streams”: Menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan.


Usaha ini sangatlah menguntungkan,pendapatannyapun juga dapat dikatakan fanstastis.Hal ini di karenakan karena brand image masyarakat tentang pocari sweat yang amat bagus,mereka beranggapan bahwa pocari sweat adalah minuman isotonic terrbaik dan memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi..

  •  “Key resources”: Menggambarkan asset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi.


Perusahaan ini menjadikan karyawannya sebagai asset terpenting berdirinya dari perusahaan ini.Tanpa adanya kerja sama yang baik antar karyawan,maka pocari sweat tidak akan menjadi tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini.

  •     “Key activities”: Merujuk pada hal- hal penting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja

.
Nilai kunci dari aktivitas adalah usaha penelitian dan juga pemasaran. Penelitian yang membutuhkan waktu yang lama dan juga pemasaran yang susah dan harus menelan kerugian dengan nilai yang cukup tinggi, hingga akhirnya ditemukan produk yang baru (POCARI SWEAT) dan keuntungan penjualan yang akhirnya mencapai tiga kali lipat  dan  terus meningkat.  Channel distribusi dilakukan dengan cara pertama-tama mendekati konsumen secara langsung hingga titik puncak permintaan konsumen yang tinggi, yang kemudian diteruskan dengan mendistribusikan                              kepada pedagang-pedagang yang memiliki toko.Hubungan dengan konsumen mengalami kegagalan pada awalnya tetapi dengan strategi yang telah diputuskan oleh team merketing, para konsumen pada akhirnya telah mengenal dan memulai mengkonsumsi produk POCARI SWEAT dengan jumlah yang cukup tinggi di 16 negara. Dengan arus pendapatan yang pada awalnya mengalami kerugian, tetapi pada akhirnya terus meningkat dari penjualan di berbagai negara.

  • Key partnership”: Merujuk pada jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja.


Yang menjadi partner utama POCARI SWEAT yang pertama ialah Rokuro Harima dan Akihisa Takaichi karena atas kerja keras mereka, POCARI SWEAT telah mendapatkan titik puncak dari rasa yang akhirnya dapat di jual di pasaran. Yang kedua ialah Jiro Tanaka dan team marketing yang dengan susah payah menjalankan strategi agar POCARI SWEAT dapat diterima di pasaran dengan rasa yang menurut masyarakat sekitar memiliki rasa yang tidak enak. Yang ketiga ialah para pedagang-pedagang di Jepang, yang secara langsung menjadi distributor langsung dalam penjualan POCARI SWEAT. Yang terakhir ialah supplier jeruk yang dimana bahan dasar rasa POCARI SWEAT ialah jeruk, dengan adanya supplier jeruk maka POCARI SWEAT dapat tetap mendapatkan jeruk sebagai bahan dasar rasa POCARI SWEAT.


  •  “Cost structure”: Menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis.


Biaya yang terpenting ialah saat penelitian dilakukan, selama 3 tahun waktu digunakan untuk menciptakan produk.Setelah itu,produk yang diciptakan juga tidak diterima di masyarakat sehingga perusahaan berani mengalami kerugian yang sangat besar untuk mempertahankan produk. Sangat jelas disini, Key Resources dan Key Activities yang paling mahal ialah   para peneliti dan pemasaran  POCARI SWEAT.





VIDEO JINGGEL POCARI SWEAT :





Sekian Info yang bisa saya bagi semoga bermanfaat ya :)


!! GO ION POCARI SWEAT !!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar